Kumpulan Fatwa Ulama

Wanita yang Dilamarnya Sudah Tidak Gadis, Tetapi Dituntut untuk mengaku Gadis saat Akad Demi Menjaga Nama Baik

love_cinta_sejati-415x260

Mengetahui Bahwa Wanita Yang Dilamarnnya Bukanlah Gadis, Akan tetapi Dia Diminta Untuk Menyatakan Terang-Terangan Bahwa Wanita Itu Masih Gadis

Fatwa Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajjid

Pertanyaan :

Saya seorang pemuda telah melamar seorang wanita yang ditalak setelah akad sebelum digauli, jadi dia masih gadis. Akan tetapi berikutnya wanita itu mengaku bahwa dia sudah digauli oleh suami sebelumnya secara diam-diam tanpa sepengetahuan keluarganya. Wanita itu sangat taat beragama, akan tetapi karena itulah orang-orang menghindar unntuk melamarnya. Saya ingin menikahinya, akan tetapi di antara tuntutan yang harus disebut dalam akad adalah apakah wanita tersebut gadis atau janda. Jika dia menyebutkan bahwa wanita itu masih gadis, maka itu adalah dusta yang dapat merusak akad, sedangkan jika dia sebutkan bahwa wanita itu adalah janda, berarti dia membongkar rahasianya dan mempengaruhi nama baik kami.

Jawaban :

Alhamdulillah

Jika wanita tersebut baik agama dan akhlaknya, maka lamarlah dia dan hindari pernyataan terang-terangan bahwa dia masih gadis. Karena yang berkepentingan menyebutkan hal itu adalah walinya. Jika sang wali berkata, “Aku nikahkan engkau dengan gadisku, fulanah” maka anda cukup katakan, “Aku terima nikahnya puteri anda, fulanah”. Jika mendesak untuk menyebutnya secara jelas, maka gunakanlah tauriyah, katakan, gadis, tapi yang dimaksud adalah gadis menurut pandangan keluarganya, atau gadis sebelum pernikahannya. Dengan demikian anda dapat menutupi rahasia wanita tersebut dan keluarganya.

Wallahu a’lam.

Sumber : islamqa.info
Artikel elmuntaqa.wordpress.com

–oOo–

Artikel terkait Apakah Tauriyah Dibenarkan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s