Jejak Salafush Shalih

Perkataan ‘Ali Bin Abi Thalib Yang Tanpa Sanad Tentang Keadaan Rakyatnya

image

Berikut ini adalah ucapan terkenal yang disandarkan kepada ‘Ali bin Abi Thalib –radhiyallahu ‘anhu– tetapi sama sekali tak bertopang sanad..

Ibn al-‘Imad al-‘Akari berkata di kitab Syadarat adz-Dzahab (Juz 1, halaman 226; tahqiq ‘Abd al-Qadir al-Arna-uth):

وروي أن رجلا قال لعلي: ما بال خلافة أبي بكر وعمر كانت صافية، وحلافتك أنت وعثمان متكدّرة؟ فقال: إن أبا بكر وعمر، كنت أنا وعثمان من أعوانهما، وكنت أنت وأمثالك من أعواني وأعوان عثمان

Diriwayatkan bahwa seorang lelaki berkata kepada ‘Ali bin Abi Thalib, “Kenapa pada masa kekhalifahan Abu Bakr dan ‘Umar keadaan begitu jernih, sedangkan pada masa kekhalifahanmu dan kekhalifahan ‘Utsman keadaan begitu keruh?”. ‘Ali bin Abi Thalib menjawab, “Sesungguhnya pada masa kekhalifahan Abu Bakr dan ‘Umar, mereka didukung oleh orang seperti aku dan ‘Utsman, sedangkan masa kekhalifahanku dan kekhalifahan ‘Utsman, kamu dan orang sepertimulah yang menjadi pendukung kami berdua.

Ibn al-‘Imad menyebutkan riwayat tersebut tanpa sanad dan sumber periwayatan..

Dalam kitab yang lebih tua, yaitu kitab Siraj al-Muluk, Imam ath-Thurthusi menyebutkan pula kisah tersebut dengan redaksi sebagai berikut:

وقال عبيدة السلماني لعلي بن أبي طالب رضي الله عنه: يا أمير المؤمنين ما بال أبي بكر وعمر انطاع الناس لهما، والدنيا عليهما أضيق من شبر فاتسعت عليهما ووليت أنت وعثمان الخلافة ولم ينطاعوا لكما، وقد اتسعت فصارت عليكما أضيق من شبر؟ فقال: لأن رعية أبي بكر وعمر كانوا مثلي ومثل عثمان، ورعيتي أنا اليوم مثلك وشبهك

‘Ubaidah as-Salmani berkata kepada ‘Ali bin Abi Thalib –radhiyallahu ‘anhu, “Wahai Amir al-Mu’minin, kenapa pada masa kekhalifahan Abu Bakr dan ‘Umar orang-orang pada tunduk kepada mereka berdua, padahal dunia pada masa itu lebih sempit dari jengkal tangan bagi mereka berdua lalu menjadi luas, sedangkan pada saat engkau dan ‘Utsman memegang tampuk kekhalifahan, orang-orang tidak tunduk kepada kalian berdua, dan dunia yang telah luas menjadi lebih sempit dari jengkal tangan?”. ‘Ali bin Abi Thalib menjawab, “Karena rakyat yang dipimpin oleh Abu Bakr dan ‘Umar itu adalah orang-orang seperti aku dan ‘Utsman, sedangkan rakyat yang kupimpin saat ini adalah orang-orang semisal kamu dan yang sepertimu.

Imam ath-Thurthusi pun tidak menyebutkan sanad bagi kisah tersebut, padahal jarak antara Imam ath-Thurthusi dengan masa ‘Ali bin Abi Thalib sangatlah jauh. Selain itu, sangat janggal jika ‘Ali bin Abi Thalib –radhiyallahu ‘anhu– mengatakan, “… sedangkan rakyat yang kupimpin saat ini adalah orang-orang semisal kamu dan yang sepertimu,” sementara ucapan itu ditujukan kepada ‘Ubaidah as-Salmani yang sejatinya pernah pula mengalami masa kekhalifahan Abu Bakr dan ‘Umar (yakni pernah pula menjadi rakyat pada masa kepemimpinan Abu Bakr dan ‘Umar). ‘Ubaidah as-Salmani itu masuk Islam pada masa Nubuwah tetapi belum pernah bertemu dengan Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam. Imam adz-Dzahabi berkata di kitab Siyar A’lamu an-Nubala:

أسلم عبيدة في عام فتح مكة بأرض اليمن ، ولا صحبة له

“’Ubaidah masuk Islam di negeri Yaman pada tahun penaklukan kota Mekah, tetapi dia tidak memiliki shuhbah (yakni tidak termasuk shahabat Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam- karena tidak pernah berjumpa -pent)”

Ada juga beberapa redaksi penceritaan lain bagi kisah dan ungkapan tersebut, tetapi sama-sama tanpa sanad dan sumber periwayatan. Di antaranya adalah sebagai berikut:
 
سأل رجل من الخوارج علياً رضي الله عنه فقال: يا أمير المؤمنين ما لك اختلف الناس عليك وعلى عثمان واتفقوا على أبي بكر وعمر؟ فقال اتفق الناس على أبي بكر وعمر حين كان الناس أنا وعثمان، واختلف الناس علي وعلى عثمان حين كان الناس أنت وأمثالك

Seorang lelaki dari kalangan Khawarij bertanya kepada ‘Ali bin Abi Thalib –radhiyallahu ‘anhu, “Wahai Amir al-Mu’minin, ada apa denganmu? Kenapa manusia pada menyalahimu dan menyalahi ‘Utsman padahal mereka selalu menyepakati Abu Bakr dan ‘Umar?”. ‘Ali bin Abi Thalib menjawab, “Manusia menyepakati Abu Bakr dan ‘Umar karena orang-orang (yang mereka pimpin) adalah aku dan ‘Utsman, sedangkan manusia menyalahi aku dan ‘Utsman karena orang-orang (yang kami pimpin) adalah kamu dan orang-orang seperti kamu.

جاء أعرابي إلى علي رضي الله تعالى عنه فقال: ما بالك وبال أصحابك من قبلك، اختلف الناس عليك ولم يختلفوا على من كان قبلك؟ قال: لأنهم كانوا يتأمرون على أمثالي وأنا أتأمر على أمثالك

Seorang lelaki Badui mendatangi ‘Ali bin Abi Thalib –radhiyallahu ‘anhu– lalu berkata, “Ada apa denganmu dan dengan para sahabat sebelummu? Manusia menyalahimu padahal mereka tidak pernah menyalahi orang-orang sebelummu?”. ‘Ali bin Abi Thalib menjawab, “Karena para sahabatku itu memimpin orang-orang seperti aku, sedangkan aku memimpin orang-orang sepertimu.

Dengan demikian, kisah dan ucapan yang terkenal tersebut, tidak bisa dikatakan sebagai ucapan yang berasal dari ‘Ali bin Abi Thalib –radhiyallahu ‘anhu..

–oOO–

Penulis : Hendra Wibawa Ibn Tato Wangsa Widjaja
Judul Asli : Tentang Rakyat ‘Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu ‘anhu

Sumber : Tipongtuktuk.wordpress.com
Artikel elmuntaqa.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s