Uncategorized

Zakat Fitri Pakai Uang Lebih Afdhol Karena Bisa Digunakan Sesuai Kebutuhan..?

image

Katanya zakat fitri pakai UANG lebih Afdhol..

Memang kelihatan logis dan masuk akal, karena dengan uang mereka bisa membeli apa yang mereka inginkan. Penuturan berikut ini, insya Allah sangat membuka wawasan kita dalam hal ini..

Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani rahimahullah mengatakan:

“Jika ada orang mengatakan: ‘Tidak, kita akan mengeluarkan (zakat fitri dalam bentuk) uang saja, karena ini lebih bermanfaat bagi si-fakir..’

Orang ini salah DUA kali..

Yang Pertama: Bahwa dia menyelisihi nash, padahal masalah ini adalah masalah ibadah. Ini yang paling ringan dikatakan kepadanya..

Namun ada Sisi Keduanya yang sangat berbahaya sekali:

Karena perkataan itu berarti; Bahwa Sang Pembuat Syariat yang Maha Hikmah -Dialah Rabb semesta alam-, ketika mewahyukan kapada Nabi-Nya yang mulia agar mewajibkan kepada umat untuk berzakat dari bahan makan ini sebanyak satu sho’, Dia tidak tahu maslahat para fakir miskin sebagaimana telah diketahui oleh mereka yang menganggap bahwa mengeluarkan (zakat fitri) dengan uang lebih Afdhol..” [Silsilah Huda Wannur, Kaset 274, Menit Ke-18, Detik Ke-12].

Ya.. Jika kita menelisik kembali ke zaman Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, ternyata sudah ada uang, ada jenis dirham, ada juga jenis dinar. Tapi ternyata Allah tetap memerintahkan untuk mengeluarkan zakat fitrah dengan bahan makanan, bukan dengan uang..

Kalau saja zakat fitri ini boleh menggunakan uang, bukankah seharusnya ada satu nash yang menerangkannya, atau satu saja sahabat yang menerapkannya..?!

Tidak cukup (penjelasan ini -red)..?!

Jika logika mereka benar, apakah mereka juga akan mengeluarkan zakat kambing, sapi, dan unta dengan uang.. Begitu pula zakat panen beras dengan uang..?!

Jadi apa syariat zakat ini jika sandarannya lebih bertumpu pada logika, bukan dikembalikan pada nash..?! Ayo kaum muslimin, jika mau ibadah yang diajarkan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, ikutilah cara beliau dalam mengamalkannya..

Semoga bermanfaat..

–oOo–

Penulis : Ustadz Ad Dariny
Artikel elmuntaqa.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s