Hadits

Benarkah Malaikat Maut Memperhatikan Wajah Manusia 70 Kali Sehari?

12027697_1141470572534562_4985871523111010686_n

Hadits Malaikat Maut Apakah Shahih

Pertanyaan :

Baarakallahu fiikum Ustadz, Shahih kah hadist dibawah ini.

Diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas r.a, Rasulullah Salallohualaihi Wassalam Bersabda: “Bahwa malaikat maut meperhatikan wajah manusia di muka bumi ini 70 kali dalam sehari. Ketika Izrail datang menatap wajah seseorang, didapati orang itu ada yang gelak-ketawa. Maka berkata Izrail : Alangkah herannya aku melihat orang ini, sedangkan aku diutus oleh Allah Taala untuk mencabut nyawanya, tetapi dia masih berhura-hura dan bergelak-tawa.”

Jazakumullah khoiron katsiron

Jawaban :

وفيكم بارك الله

Kami belum mendapati kitab hadits yang menyebutkan riwayat tersebut (yang sesuai 100 % dengan yang maknanya dituliskan oleh penanya), kami mendapati riwayat yang sangat mirip dengan riwayat tersebut:

إِنَّ مَلَكَ الْمَوْتِ لَيَنْظُرُ فِي وُجُوهِ الْعِبَادِ كُلَّ يَوْمٍ سَبْعِينَ نَظْرَةً، فَإِذَا ضَحِكَ الْعَبْدُ بَعَثَ إِلَيْهِ يَقُولُ: يَا عَجَبَاهُ بُعِثْتُ إِلَيْهِ لأَقْبِضَ رُوحَهُ وَهُوَ يَضْحَكُ

Sesungguhnya malaikat maut benar-benar melihat pada wajah-wajah para hamba setiap hari 70 kali. Apabila seorang hamba tertawa, maka ia akan mengutus dan berkata, “Betapa mengherankannya. Aku diutus kepadanya untuk mencabut nyawanya, sedangkan ia malah tertawa”.

Kami mendapati riwayat tersebut dimasukkan ke dalam kumpulan HADITS-HADITS PALSU di kitab Tanzih asy-Syariah al-Marfu’ah ‘an al-Akhbar asy-Syani’ah al-Maudhu’ah (2/375) yang disusun oleh Ali bin Muhamad al-Kinani yang meninggal pada tahun 963 Hijriah.

Apabila memang benar itu riwayat yang dimaksud maka kita tidak boleh menyebarkannya tanpa menyebutkan kerusakan dan kelemahan riwayat tersebut supaya orang-orang tahu dan tidak tertipu.

والله تعالى أعلم بالحق والصواب

Oleh : Redaksi Salamdakwah.com

–oOo–

Hadits Tentang Malaikat Maut Memperhatikan Wajah Manusia 70 kali Sehari

Pertanyaan :

Apakah hadits berikut shahih?

Hadist Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Abbas r.a bahwa Rasulullah s.a.w bersabda:

“Bahwa malaikat maut memperhatikan wajah manusia di muka bumi ini 70 kali dalam sehari. Ketika Izrail datang merenungi wajah seseorang, didapati orang itu sedang bergelak-ketawa.

Maka berkata Izrail, ‘Alangkah herannya aku melihat orang ini, padahal aku diutus oleh Allah untuk mencabut nyawanya kapan saja, tetapi dia masih terlihat bodoh dan bergelak ketawa’.”

Jawaban :

Bismillah. Hadits tersebut derajatnya sudah dapat dipastikan TIDAK SHOHIH dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam.

Di antara tanda ketidakshohihan hadits tersebut, di dalamnya disebutkan nama malaikat Izrail sebagai malaikat pencabut nyawa. Padahal tidak ada satu pun ayat Al-Quran maupun hadits shohih yang menetapkan bahwa nama malaikat pencabut nyawa adalah Izrail. Sehingga hal ini bertentangan dengan firman Allah ta’ala

(قُلْ يَتَوَفَّىٰكُم مَّلَكُ الْمَوْتِ الَّذِى وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ إِلَىٰ رَبِّكُمْ تُرْجَعُونَ)

Artinya: “Katakanlah: ‘Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikanmu, kemudian hanya kepada Tuhanmulah kamu akan dikembalikan’.”

Dan riwayat ini kami duga berasal dari Bani Israil, yakni termasuk isra’iliyyaat.

Wallahu a’lam bish-showab.

Dijawab Oleh : Ustadz Muhammad Wasitho Abu Fawaz Lc, MA
Dikutip dari BBG Majelis Al-Ilmu

–oOo–

Artikel Terkait – Tidak Boleh Memastikan Bahwa Nama Malaikat Maut Adalah Izrail

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s